Seminar ASAI, Teologi Kesehatan Pesantren; Rasionalitas Respon Pesantren terhadap Pandemi Covid-19

Asosisasi Studi Agama Indonesia pada tanggal 09 Desember 2020 telah mengadakan Seminar seri 1, dengan mengusung tema Teologi Kesehatan Pesantren; Rasionalitas Respon Pesantren terhadap Pandemi Covid-19. Berbagai pandangan mengenai covid-19, seperti mengatakan bahwa covid ini adalah sebuah musibah yang bisa menimpa siapa saja. Sehingga siapa pun yang mendapatkan musibah berarti harus sabar dalam menghadapi ujian tersebut dan Bersama-sama mencari sebuah solusi dalam menghadapi musibah tersebut. Adapun hal lainnya masih menganggap bahwa covid-19 ini sebuah konspirasi dari para golongan elit sana.

Lalu bagaimana mengenai rasionalitas respon pesantren terhadap pandemi covid-19, Dr. Ahmad Salehuddin sebagai narasumber memaparkan, bermula dari pesantren memiliki cara tersendiri yakni dengan perlindungan spiritual. Hal yang dimaksudkan dengan perlindungan spiritual yakni amalan-amalan yang dimiliki, seperti memperbanyak shalawat, bacaan alfatihah, memperbanyak istigfar dan lain sebagainya.

Para peserta dalam acara ini sangatlah mengapresiasi acara ini, diharapkan adanya keberlanjutan menganai kajian studi agama dalam hal lainnya. Sehingga harapan besarnya bahwa kajian studi agama dalam menjadi sebuah kajian lebih menarik dan banyak dipelajari khalayak umum. Pada akhir acara ditutup dengan pemaparan bahwa kebijakan apapun pemerintah harus mempertimbangkan rasionalitas komunitas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *